Tips Aman Menyimpan Keju yang Baik dan Benar

Tips Aman Menyimpan Keju yang Baik dan Benar - Keju merupakan bahan pangan olahan yang terbuat dari fermentasi susu. Dari fermentasi tersebut menghasilkan endapan yang kemudian dipadatkan dan jadilah keju yang kita konsumsi. Mungkin pernah sahabat dengar bahwa semakin lama keju tersebut disimpan, maka rasanya akan semakin lezat. Namun sahabat, apabila kita menyimpan keju sembarangan seringkali yang terjadi adalah keju menjadi berjamur, tentu hal ini sudah tak layak dikonsumsi.

simak cara menyimpan keju yang baik dan benar

Lalu bagaimana cara menyimpan keju yang baik? Yuk mari kita praktekkan cara menyimpan keju yang baik dan benar, dalam ulasan berikut ini :

Tips Pada saat membeli keju : 


  • Pastikan kemasan keju terbungkus sempurna dan tersegel. Apabila sampai terbuka, jangan dibeli. Laporkan kepada petugas / pelayan agar tidak dijual lagi
  • Lihat ciri fisiknya, hindari membeli keju yang terlihat berubah warna meskipun masih tersegel kemasan.
  • Periksa tanggal kedaluarsanya

Tips Menyimpan Keju yang Baik dan Benar



  • Balutlah keju dengan tisu makanan, atau kain lembut, jangan terlalu erat, cukup dibalutkan menyeluruh saja supaya tetap ada sirkulasi udara yang masuk. Kemudian letakkan didalam wadah plastik tertutup dan kedap udara, yang bersih dan kering, lalu anda dapat menyimpannya di Lemari es
  • Untuk jenis keju Amerika, seperti Grey, Bleu, Washed Rind, lumuri tipis dengan minyak zaitun agar tetap awet dan tanah lama
simak cara menyimpan keju yang baik dan benar

Tips ketika keju anda mulai berjamur

Apabila keju yang anda simpan ternyata berjamur, cobalah lakukan langkah-langkah ini. Apabila keju yang berjamur tidak terlalu parah, beberapa keju ternyata masih bisa dikonsumsi. Namun sebelumnya cek apakah masih layak konsumsi atau tidak, cara nya adalah dengan mengamati perubahan aroma dan rasa. Apabila aroma dan rasa tidak berubah, maka cukup kuliti / bersihkan bagian yang berjamur saja.

Catatan :
- Sebaiknya hindari menyimpan keju di ruangan terbuka, karena selain menjadi serangan serangga, keju sangat mudah sekali berjamur.
- Hindari juga menyimpan keju di dalam kulkas tanpa wadah pelindung plastik yang tertutup, karena dapat mempengaruhi tekstur keju.

Bagikan yuk :

Tips Aman Menyimpan Keju yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: imron22

Post Comment