Inilah 4 Bahan Pengawet Alami Yang Aman dan Baik digunakan

Inilah 4 Bahan Pengawet Alami Yang Aman dan Baik digunakan - Kita mengenal bahan pengawet di keseharian sebagai bahan untuk mengawetkan makanan. Namun selama ini, banyak sekali makanan berpengawet menggunakan bahan pengawet kimia yang tentunya sedikit atau banyak akan memberikan dampak negatif bagi tubuh kita. Lalu bagaimana cara kita mengawetkan makanan, agar nantinya tetap sehat ketika kita konsumsi. Jawabannya adalah, gunakan pengawet alami, tentu akan sangat ramah bagi kesehatan. So sahabat, di ulasan kali ini yuk mari kita mengenal apa saja sih bahan pengawet makanan alami yang bisa kita gunakan, selengkapnya simak berikut ini :


Bahan Pengawet Alami

Bahan Alami Pengawet Makanan Yang Aman dan Baik digunakan

Garam

Adalah bahan pengawet makanan paling kuno(tertua) didunia. Dahulu, garam seringkali digunakan nenek moyang kita untuk mengawetkan berbagai jenis daging, dan ikan. Lalu peradabannya bisa kita lihat sampai saat ini, cobalah lihat ikan teri dan ikan asin, masih tetap awet kan. Garam bekerja mengawetkan makanan dengan cara meng-dehidrasi unsur air yang terdapat didalam bahan yang diawetkan, misalnya ikan asil yang diawetkan akan tetap terus kering dan awet.


Bahan Pengawet Alami

Bahan Pengawet Alami

Bahan Pengawet Alami


Gula

Metode pengawetan makanan dengan bahan gula juga telah digunakan pada zaman kuno. Metode ini bekerja sama halnya dengan garam yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan microba decomposer yang dapat membusukkan makanan.

Bahan Pengawet Alami

Ekstrak Rosemary

Mungkin terasa asing ditelinga masyarakat Indoneisa. Namun sahabat, metode ini juga sudah lama sekali digunakan. Cara kerjanya adalah dengan menyuling rosemary dan biarkan saja kandungan anti oksidannya melindungi makanan yang kita awetkan.

Bahan Pengawet Alami

Cuka

Tentu bahan ini tidak asing bagi telinga pembaca. Ya, cuka mengandung 5% asam asetat yang mampu mencegah bakteri dan microorganisme decomposer berkembang biak. Biasanya cuka seringkali digunakan untuk mengawetkan daging atau ikan, sehingga bisa lebih tanah lama disimpan di freezer. Contoh lain bisa kita lihat pada asinan buah yang banyak dijual.



Nah sahabat, demikianlah 4 bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengawetkan makanan. Tentu pengawetan makanan dengan bahan alami lebih sehat dari pada menggunakan bahan kimia. So, praktek yuk

Bagikan yuk :

Inilah 4 Bahan Pengawet Alami Yang Aman dan Baik digunakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: imron22

Post Comment